Ini Hal-Hal Yang Wajib Anda Pertimbangkan Sebelum Melakukan Renovasi Rumah

Rencanakan secara matang sebelum memulai proses renovasi rumah dan menyewa kontraktor

Tidak dapat dipungkiri, renovasi rumah merupakan sebuah proses yang rumit dan berbelit-belit. Seringkali, masalah dalam renovasi rumah pun bermunculan seperti proses yang memakan waktu yang lama, biaya renovasi yang mahal, dan hasil tidak sesuai seperti yang diinginkan.

Oleh karena itu, renovasi rumah harus direncanakan dan dilaksanakan dengan cermat sejak awal. Membuat keputusan yang tepat saat menyewa kontraktor renovasi & menyusun perencanaan yang matang dapat mencegah penghamburan uang sia-sia, serta memastikan renovasi berjalan lancar sesuai target.

Dengan biaya renovasi rumah yang selalu meningkat setiap tahunnya, anda dianjurkan untuk mempertimbangkan 5 langkah penting guna menghemat biaya dan meningkatkan nilai properti.

1. Pilih kontraktor rumah yang TEPAT untuk proyek renovasi

Lakukan pencarian/ research dan kumpulkan beberapa nama kontraktor renovasi (sekurang-kurangnya tiga). Dengan melakukan ini, anda dapat membandingkan harga, kemampuan, dan pengalaman masing-masing kontraktor dan memutuskan mana yang terbaik dan paling cocok untuk proyek renovasi anda.

Jika anda hanya menghubungi satu (1) kontraktor saja, anda melewatkan kesempatan untuk melihat dan menilai kelebihan kontraktor lainnya. Bisa-bisa, kontraktor anda mengenakan biaya yang lebih tinggi dari harga kontraktor lainnya dan anda tidak menyadarinya!

pilih kontraktor yang tepat untuk proyek renovasi rumah anda

Tanyakan referensi dan ulasan dari pelanggan lain untuk memvalidasi kemampuan dan pengalaman kontraktor tersebut. Jika memungkinkan, minta contoh proyek yang pernah ditangani untuk menilai hasil kerjanya.

2. Hitung budget renovasi & kemampuan finansial anda

Sebelum melakukan renovasi, ada baiknya ada membandingkan kemampuan finansial dengan budget renovasi rumah anda. Jika keuangan anda dapat menyanggupi budget, dan anda merasa ini waktu yang tepat untuk melakukan renovasi, lakukan. Akan tetapi, jika selisih budget dan kemampuan finansial anda sangat tipis, ada baiknya anda pertimbangkan lagi matang-matang sebelum mengambil keputusan.

Tambahkan kira-kira 15 – 20% dari budget dasar anda – karena pada umumnya, proses renovasi rumah memang tidak terduga dan seringkali, memakan biaya lebih dari estimasi awal.

perkiraan budget renovasi
Source: coloradobankcruptcyguide.com

3. Tentukan tujuan dan alasan anda merenovasi

Apakah anda melakukan renovasi untuk meningkatkan kenyamanan rumah? Atau anda ingin melakukan investasi properti?

Jika anda melakukan renovasi untuk memuaskan keinginan dan kenyamanan hunian, tentunya anda dapat mendesainnya sesuai dengan keinginan. Akan tetapi, jika anda merenovasi dengan tujuan meningkatkan nilai properti, anda sebaiknya memikirkan objektif dan selera pasaran. Misalnya, hindari pemilihan warna-warna mencolok seperti merah oranye/ warna terang lainnya, maupun desain interior ruangan yang eksentrik (bukan selera semua orang).

pemilihan warna saat renovasi rumah juga perlu diperhatikan
Source: modelrumahmewah.info

4. Surat izin renovasi

Sebelum melakukan renovasi, anda dianjurkan untuk mengurus surat-surat dan keperluan legal yang berkaitan. Untuk mendirikan bangunan ataupun merenovasi rumah dalam skala besar, anda memerlukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) . Daripada proses renovasi terhambat atau batal gara-gara tidak ada izin, lebih baik diurus dari awal, bukan?

Namun, tidak semua proyek renovasi membutuhkan IMB. Dikutip dari Kompas.com, pemeliharaan bangunan seperti pengecatan, penggantian genting dan sebagainya yang tidak berpengaruh terhadap struktur dianggap tidak perlu memiliki IMB.

Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebelum memulai proses renovasi rumah
Source: kontraktorrumahtinggal.com

5. Tentukan bagian yang ingin direnovasi

Tentukan dan diskusikan dengan kontraktor pilihan anda secara detil apa saja yang akan direnovasi – warna apa untuk dinding dapur, keramik atau cat apa yang akan digunakan, bagaimana model dan materi kabinet yang diinginkan, dan lain-lain. Dapatkan estimasi harga yang diperlukan beserta laporan rincian biayanya.

Konsultasikan dengan kontraktor atau ahli desain interior yang anda sewa, beri keputusan akhir, dan jalankan renovasi sesuai perencanaan. Jika bisa, anda juga sebaiknya tidak mengubah atau menyimpang dari hasil keputusan/ perencanaan karena setiap perubahan biasanya akan berujung pada biaya renovasi berlebih, dan memakan waktu yang lebih lama pula.

kontraktor sedang melangsungkan proses renovasi rumah

Jika anda memerlukan jasa kontraktor renovasi yang bisa diandalkan dan terpercaya, kunjungi www.beres.id dan dapatkan kontraktor profesional dan cermat untuk menangani proyek renovasi anda. Untuk meningkatkan keindahan dan desain dalam proyek renovasi, anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli desain interior Beres.

Beres juga menyediakan jasa pemeliharaan rumah seperti pengecatan, penambalan dinding, desain plafon & lantai, pemasangan wallpaper, jasa kelistrikan, bahkan jasa pembersihan/ cleaning service usai renovasi.


Written by Cindy Junovica


Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *