10 Tanda AC Rumah Anda Butuh Jasa Servis Sekarang Juga

Sebagai salah satu elemen terpenting bagi hunian di negara tropis seperti Indonesia, AC memang berhak untuk selalu mendapat perhatian lebih. Pada umumnya, masalah AC bukan hanya sebatas kehabisan freon dan dipecahkan dengan cara pengisian ulang saja. Banyak kendala lain yang mungkin dihasilkan hingga dapat berujung kerusakan. Untuk menghindarinya, kenali 10 pertanda berikut yang mengindikasikan AC anda butuh jasa servis sekarang juga.

1. AC Mengeluarkan Udara Panas

Sepatutnya, udara yang dikeluarkan AC dapat memberikan kesejukan bagi ruangan di rumah Anda. Namun jika yang terjadi adalah sebaliknya, anda perlu waspadai ada kerusakan pada AC Anda. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan dengan mematikan lalu menghidupkan kembali AC setelah beberapa saat. Jika situasi yang sama masih terjadi, biarkan teknisi yang turun tangan.

Image Credit: Service Champion
Image Credit: Service Champion

2. Sirkulasi Udara yang Dihasilkan AC Tidak Maksimal

Dalam hal ini, masalah diindikasikan dengan tidak maksimalnya hembusan udara yang dihasilkan unit AC. Jika sudah demikian, sirkulasi udara yang mengikutinya pun turut berpengaruh. Sirkulasi udara segar yang tidak maksimal berbanding lurus dengan kesejukan pada ruangan. Masalah dapat terjadi pada rusaknya kompresor atau gangguan lain pada pipa unit AC rumah Anda. Mengingat hal ini bukan lah satu hal yang dapat awam kira-kira begitu saja, penggunaan jasa reparasi profesional terdengar seperti solusi tepat yang dapat kita ambil.

3. Thermostat Tidak Bekerja Dengan Baik

Peran thermostat tidak sebatas menunjukan berapa derajat suhu yang harus diwujudkan unit AC Anda. Melainkan, hal ini bisa dikatakan sebagai pusat yang memegang kendali atas kinerja unit AC secara keseluruhan. Masalah terjadi ketika informasi yang tertera tidak sesuai dengan kualitas yang dihasilkan. Ketika akurasi thermostat sudah dipertanyakan, kelayakan AC Anda pun juga demikian. Segera konsultasikan hal ini ke jasa teknisi terpercaya sekarang juga.

Image Credit: Service.com
Image Credit: Service.com

4. Bunyi Bising Pada Mesin Unit

Unit AC yang bekerja memang sepatutnya mengeluarkan bunyi. Namun jika bunyi yang dihasilkan terdengar mulai berlebihan dan tidak terkendali, segera periksakan hal ini ke jasa ahli terpercaya. Ini dapat menjadi pertanda terbakarnya mesin unit AC atau kompresor yang rusak.

5. Udara Yang Dihasilkan AC Berbau Kurang Sedap

Udara yang dihasilkan unit AC rumah Anda tidak seharusnya mengeluarkan bau apek atau bau tidak sedap lainnya. Jika sudah demikian, besar kemungkinan pipa AC sudah terlampau kotor. Pembersihan AC bisa menjadi langkah awal yang baik untuk mengatasi masalah ini. Namun jika bau yang dikeluarkan cenderung seperti bau hangus, persiapkan diri Anda untuk kemungkinan terburuk yakni adanya kabel dalam sistem yang terbakar dan tidak berfungsi lagi dengan baik.

Image Credit: Absolute Service
Image Credit: Absolute Service

6. AC Tidak Memberikan Kesejukan yang Dijanjikan

Tanpa harus mengalami hal-hal yang disebutkan sebelumnya, AC yang tidak dapat memberikan kesejukan yang sebagaimana mestinya juga tentu menjadi pertanda adanya kerusakan. AC yang baik bukan hanya menghasilkan udara dingin melainkan kelembaban yang berperan meningkatkan kadar kenyamanan ruangan.

7. Air Freon Bocor dan Berceceran

Jangan pernah sepelekan air yang berceceran dari dalam unit mesin HVAC. Dalam beberapa kasus, bisa jadi itu adalah air freon yang bocor dan Anda tentu tahu cairan ini tergolong beracun dan membahayakan. Kemungkinan lain adalah mampetnya tube yang seharusnya menjadi jalur utama bagi air hasil kondensasi untuk terbuang. Entah mana dari kedua kemungkinan hal ini yang menjadi kasusnya, jasa ahli dapat Anda manfaatkan untuk menyelesaikannya dan jangan tunggu sampai kerusakan menjadi lebih parah.

Image Credit: Shutterstock
Image Credit: Shutterstock

8. Biaya Listrik Membengkak

Jika Anda merasa sudah cukup bijak mengalokasikan waktu penggunaan AC di rumah namun biaya listrik tetap menjulang naik dan menyatakan penggunaan AC adalah kontributor terbesarnya, AC Anda besar kemungkinan sedang berada dalam masalah. Beberapa penyebabnya antara lain: thermostat yang rusak hingga unit AC yang sudah terlampau tua. Segera konsultasikan hal ini ke jasa profesional untuk mencari tahu akar penyebabnya.

9. Jika Gejala Di Atas Terjadi Berulang Kali

Jika diperhatikan, hampir keseluruhan poin di atas memiliki langkah pertolongan pertama yang dapat Anda eksekusi sendiri sebelum mengandalkan jasa teknisi profesional. Dalam beberapa kasus, permasalahan dapat terpecahkan. Namun jika masalah yang sama terjadi berulang-ulang kali setelahnya, Anda perlu segera menghubungi jasa teknisi terpercaya untuk turun tangan.

Image Credit: Ambient Edge
Image Credit: Ambient Edge

10. AC Sudah Berusia 10 Tahun

Sederhananya, jika unit AC rumah Anda telah memasuki usia 10 tahun, Anda perlu segera mempertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru. Pada dasarnya, umur kerja satu unit AC hanya mencapai 10 tahun saja.

 

button request jasa